Tips dan Trik Lolos Pendanaan PKM RSH

PKMRSHMIKROBIZBOOST2024
By -
0


Haii sobat Bizboost 😊😊Sebelum kita membahas tips dan trik lolos pendanaan PKM lebih baiknya yuk kita bahas mendalam apa itu PKM....

Apa sih itu PKM❓❓

    Program Kreativitas Mahasiswa merupakan suatu kegiatan untuk meningkatkan mutu peserta didik (mahasiswa) diPerguruan Tinggi agar nantinya dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan/atau profesional yang dapat diterapkan, mengembangkan dan meyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian serta memperkaya budaya nasional.

Apa itu PKM RSH ❓❓

    Program Kreativitas Mahasiswa Riset Sosial Humaniora (PKM-RSH) merupakan kegiatan yang menjadi wadah kreativitas dan inovasi mahasiswa di bidang riset sesuai dengan kaidah ilmiah. Pada PKM-RSH ini, mahasiswa diharapkan mampu mengkritisi fenomena sosial humaniora yang ada di masyarakat dengan pendekatan keilmuan, menggunakan metode yang tepat dalam mencari informasi, menganalisis informasi menggunakan teori, dan memberikan jawaban atas permasalahan yang ada dari fenomena tersebut. Dengan demikian, hasil riset dapat dipublikasikan serta memberikan manfaat bagi pihak-pihak berkepentingan.

    Pada PKM-RSH ini mahasiswa diharapkan dapat menggali gagasan suatu penemuan kreatif inovatif berbasis riset dan pengembangannya sehingga mampu berprestasi dalam ajang nasional. Hal ini merupakan tujuan dari salah satu program Merdeka Belajar - Kampus Merdeka (MBKM) yaitu studi/proyek independen. Dengan demikian, PKM-RSH menjadi salah satu bentuk dari studi/proyek independen dalam program MBKM. PKM-RSH dapat menjadi pengganti mata kuliah yang harus diambil atau pelengkap yang dapat dimasukkan dalam Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI).

    Program Kreativitas Mahasiswa Riset Sosial Humaniora (PKM-RSH) merupakan kegiatan yang dijadikan suatu wadah dalam menumbuh kembangkan kreativitas dan inovasi para calon bintang juara dalam mencari informasi, menganalisis informasi, dan memberikan jawaban dalam sebuah fenomena dalam bidang sosial sesuai kaidah keilmuan. Sehingga, Setiap proposal PKM yang memenuhi kriteria akan diikut sertakan dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS). Di ajang ini, setiap tim akan bertemu dengan mahasiswa seluruh Indonesia dan mengadu gagasan kreatifnya untuk menjadi juara.

    NahProgram Kreativitas Mahasiswa atau biasa disebut PKM adalah salah satu ajang bergengsi bagi mahasiswa di Indonesia lho! Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia setiap tahunnya.

Ayooo Pejuang PIMNAS !! SEMANGAT SELALU.....😇😇😊

Jangan Menyerah guys...

    Simak tips dan trik lolos pendanaan PKM berikut ini ya, supaya proposal kamu siap bersaing dan bisa mendapatkan pendanaan! Maju sampai PIMNAS!💪😊

1. Update Info terbaru di website Simbelmawa-Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)

PKM kategori ajang bergengsi sudah tentu akan diikuti oleh semua mahasiswa berprestasi dan kreatif di Indonesia. Sehingga, setiap kelompok PKM dijamin menyajikan sesuatu yang khas dan luar biasa di dalam proposal PKM yang disusun untuk dibaca dan diseleksi oleh Ditjen Dikti. Intinya, proposal yang disusun harus yang berbobot dan akan lebih baik lagi jika mengandung unsur kebaruan. Memperhatikan tema penelitian secara cermat menjadi hal penting, supaya proposal tidak hanya dilirik judulnya namun juga dibaca isinya sampai habis, kemudian dinilai menarik dan layak mendapat dana PKM.

2. Bentuk Tim yang Suportif dan Saling Melengkapi (Berkolaborasi)

    Sesuai pedoman PKM, disarankan untuk membuat tim yang terdiri dari minimal 2 anggota yang berbeda. Hal itu bertujuan agar terjadi transfer ilmu antara angkatan atas dan bawahnya.

3. Tetapkan Tema yang Ingin Diangkat dalam PKM

    Sobat Bizboost, tema yang diangkat pada proposal PKM harus mengedepankan kreativitas. Oleh karena itu tentukan tema yang unik dan belum pernah ada sebelumnya ya..   Pemilihan tema-tema yang berkaitan dengan kondisi terkini sosial masyarakat supaya peluang lolos pendanaan semakin besar. Hal itu seperti disampaikan dalam acara “Sosialisasi PKM” dari Ditjen Dikti via Youtube. Semakin unik dan solutif ide kamu, semakin besar peluang buat dapetin pendanaan pada program PKM ini.

4. Fokus dalam Menyajikan Judul

    Salah satu kunci penting untuk bisa menyusun proposal yang siap lolos PKM. Salah satunya fokus kepada judul, judul ini ternyata memiliki pengaruh sangat signifikan.

5. Rancangan Dana Pastikan Realistis

    Usahakan rancangan dana ini realistis, besaran dana dan untuk kebutuhan apa saja termasuk relevan atau masuk akal. HIndari membuat kebutuhan dana yang berlebihan dan tidak realistis. Hal ini justru memperkecil kesempatan untuk lolos seleksi, dan harapan masuk PIMNAS pun ikut kandas. Jadi, mulailah menyusun rencana dana kegiatan dengan baik dan teliti. Tidak perlu memasukan dana yang nilainya terlalu besar, sebab fokus utamanya adalah agar lolos seleksi. Jika proposal sudah lolos, ada kemungkinan dana yang diperoleh akan disesuaikan sehingga bisa lebih besar dari nilai yang dipaparkan di proposal anda.

6. Konsultasi Rutin dengan Tim dan Dosen Pendamping

    Rutin berkonsultasi dengan dosen, khususnya dosen yang pernah menjadi dosen pembimbing PKM. Dosen ini dijamin paham betul segala tips dan trik untuk bisa lolos seleksi PKM. Dari proses diskusi ini, akan muncul banyak ide unik yang bisa dikembangkan dalam proposal PKM. Selain itu, dosen pendamping juga akan memberikan masukan atas ide yang kamu dan tim-mu ajukan.

7. Format penulisan PKM Sesuai Pedoman Ditjen Dikti

    Belajar untuk menyusun proposal kegiatan PKM dengan baik dan benar. Selain itu, yang tidak kalah penting adalah membaca dengan teliti panduan penyusunan proposal PKM dari Ditjen Dikti. Ada kemungkinan susunan proposal PKM dari tahun ke tahun terjadi perubahan. Maka panduan ini akan mencegah kamu mengikuti panduan yang berlaku di tahun sebelumnya. Panduan yang diberikan wajib dibaca dengan teliti untuk tahu poin apa saja yang sebaiknya masuk ke dalam proposal. Isi setiap poin apa saja, dan juga bagaimana format setiap lampiran yang akan diikutkan dalam susunan proposal tersebut. Semakin sesuai dengan ketentuan dan format penulisan yang sudah ditentukan. Maka, semakin meningkatkan kesempatan untuk lolos seleksi. Jadi, saat menyusun proposal sebaiknya jangan asal-asalan. Ada baiknya dibaca sampai beberapa kali, sampai yakin bahwa formatnya sudah benar dan sesuai ketentuan.

Kita sudah sampai di tips dan trik terakhir nih, Sobat Bizboost,!😉😉

Dari tujuh tips di atas, tentunya tidak akan berarti apa-apa kalau kamu cuma berdiam diri saja. So, let’s go start to write and submit the proposal❗😊😊

Tetap semangat buat menyusun proposal PKM, kan? Tentunya harus semangat dong!

Nah, itu tadi 7 tips dan trik yang bisa kamu lakukan supaya bisa lolos pendanaan PKM yang diadakan oleh Puspresnas.

Tapi ingat ya, Tetap Semangat Sobat Bizboost❗ 👍👍💪😊😉😉













Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)