PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA RISET SOSIAL HUMANIORA (RSH) UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAMBI

PKMRSHMIKROBIZBOOST2024
By -
1

Program Kreativitas Mahasiswa merupakan suatu kegiatan untuk meningkatkan mutu peserta didik (mahasiswa) diPerguruan Tinggi agar nantinya dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan/atau profesional yang dapat diterapkan, mengembangkan dan meyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian serta memperkaya budaya nasional.

Program Kreativitas Mahasiswa Riset Sosial Humaniora (PKM-RSH) merupakan kegiatan yang dijadikan suatu wadah dalam menumbuh kembangkan kreativitas dan inovasi para calon bintang dalam mencari informasi, menganalisis informasi, dan memberikan jawaban dalam sebuah fenomena dalam bidang sosial sesuai kaidah keilmuan.

Etik Winarni,SE.,M.Ec.Dev selaku dosen pendamping PKM-RSH menyampaikan bahwa salah satu bentuk perwujudan aktivitas merdeka belajar melalui program PKM membantu setiap Perguruan Tinggi dalam mencapai target IKU dan mempercepat implementasi di Perguruan Tinggi dan Nasional sedangkan bagi Mahasiswa riset PKM ini menjadi pengalaman dan memperkaya diri dengan memiliki berbagai sertifikat, memiliki kreativitas inovasi dan objektif koperatif dalam membangun keragaman intelektual.

Tim PKM-RSH MikroBizBoost dari Universitas Muhammadiyah Jambi memiliki Ketertarikan dalam pengambilan riset sosial untuk memahami secara mendalam tentang seberapa efektif program bantuan modal yang disalurkan oleh pemerintah dalam menunjang perekonomian para pelaku usaha mikro yang sering dijumpai disekitar kita. Fenomena bantuan modal berupa barang di daerah Nipah Panjang II sudah berlangsung lama, program bantuan modal menjadi salah satu upaya pemerintah maupun lembaga non-pemerintah untuk membantu para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah dalam memulai atau mengembangkan usahanya, bantuan modal usaha ini berupa barang seperti mesin, peralatan atau perlengkapan lain yang dibutuhkan untuk memulai atau mengembangkan usaha. Riset ini berjudul "Efektivitas Program Bantuan Modal terhadap Usaha Mikro DiKelurahan Nipah Panjang II".
Gambar: Dokumentasi Penerima Bantuan Modal

Fenomena ini semakin populer karena banyaknya pelaku usaha yang kesulitan dalam memperoleh modal usaha yang cukup untuk memulai atau mengembangkan usahanya dengan adanya program bantuan modal usaha berupa barang para pelaku usaha dapat memperoleh bantuan sehingga dapat meningkatkan produktivitas usaha, menciptakan lapangan kerja baru serta meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat.

Lokasi riset berada Kelurahan Nipah Panjang II, Kecamatan Nipah Panjang, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, pemilihan lokasi ini dilandasi dengan banyaknya para pelaku usaha mikro yang menerima bantuan modal dari berbagai Instansi Pemerintah yaitu Dinas Perikanan Perdagangan, Dinas Perikanan dan Dinas Koperasi. Adapun pengambilan sampel dalam riset sebanyak 49 para pelaku usaha diantaranya pada Kelompok usaha Berkah berjumlah 10 orang, Kelompok usaha Pada Idi 7 orang, Kelompok usaha Cita Rasa 7 orang, Kelompok usaha Jaya Bersama 10 orang, Kelompok usaha Serumpun nibung 10 orang, dan Dinas Koperasi 5 orang. Adapun, pelaksanaan riset ini dilakukan dalam jangka waktu kurang lebih 4 bulan dari april hingga agustus.

TIM PKMRSH_MIKROBIZBOOST

Post a Comment

1Comments

Post a Comment